Pemanfaatan Teknologi Komputer di Bidang Kesehatan

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kemanjuan teknologi yang begitu pesat ini membawa kita untuk menjadi orang yang tak ingin ketinggalan dengan berbagai macam kemajuan teknologi tersebut. Kemajuan teknologi tidak hanya merambah ke kehidupan sehari-hari kita sebagai penyampaian informasi seperti Televisi, Radio, Komputer dan Handphone. Bahkan teknologi-teknologi tersebut kini perkembangannya semakin maju dengan bermacam-macam merk dengan keunggulan berbagai fitur masing-masing.
Saat ini hampir seluruh bidang dalam kehidupan kita telah menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada untuk lebih memudahkan kembali bagi penggunanya. Disisi lain kemajuan teknologi ini masih banyak bertentangan dengan orang-orang yang belum memahami teknologi yang telah dianggap sangat penting bagi sebagian orang pada era globalisasi saat ini.
Pemanfaatan teknologi secara bijak justru akan lebih membantu dan memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari. Seperti kemajuan teknologi yang telah merambah ke dunia pendidikan, pemerintahan, perkantoran, termasuk yang tak ingin tertinggal dunia kesehatan.
Kini dunia kesehatan telah memanfaatkan beberapa kemajuan teknologi yang telah berkembang pesat. Kami akan membahas kemajuan teknologi didalam bidang kesehatan saat ini, jika kemajuan teknologi saat ini tidak dimanfaatkan atau tidak ditingkatkan di dunia medis atau dunia kesehatan ini karena jika tidak maka dunia medis akan jauh tertinggal dengan bidang lainnya, dimana semua bidang telah memanfaatkan kemajuan teknologi yang saat iniand mulai berkembang dan beradtasi dengan kemajuan teknologi saat ini.

1.2 Ruang Lingkup Penelitian
Makalah ini akan membantu kita untuk mengetahui beberapa pemanfaatan teknologi komputer dalam dunia medis ataupun bidang kesehatan.

1.3 Tujuan
Tujuan membuat makalah ini adalah :
1.3.1 Membantu pembaca memahami pemanfaatan teknologi komputer
1.3.2 Membantu pembaca mengetahui beberapa alat medis yang telah memanfaatkan teknologi komputer
1.3.3 Membantu pembaca mengetahui dari pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang kesehatan

1.4 Manfaat
Manfaat dari makalah ini adalah :
1.4.1 Memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi komputer
1.4.2 Menambah wawasan alat medis yang telah memanfaatkan teknologi komputer
1.4.3 Memberikan pengetahuan dari pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang kesehatan

BAB 2
ISI

2.1 Penerapan dan Pemanfaatan Teknologi Komputer
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk berbagai macam tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Saat ini komputer telah berperan di masyarakat secara luas. Keberadaan komputer banyak dimanfaatkan di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Komputer dari waktu ke waktu telah menjadi perangkat yang membantu pekerjaan manusia modern. Banyak aspek kehidupan yang mencoba memanfaatkan komputer sebagai alat utama memperlancar pekerjaan. Seperti di bidang kesehatan juga tak luput dari singgahan pemanfaatan teknologi komputer ini.
Penggunaan teknologi dalam dunia kesehatan semakin meningkat dan mudah dengan adanya partisipasi Google Inc yang mulai menyediakan layanan Medical Record Service. Proyek percontohan Google itu telah melibatkan puluhan ribu pasien di rumah sakit Cleveland yang dengan suka rela mentransfer rekam medis mereka. Rekam medis yang terkumpul itu dipergunakan oleh Google untuk memberikan layanan melalui aplikasi terbarunya. Perlu dicatat bahwa setiap data pasien dalam rekam medis, seperti resep obat, jenis alergi, riwayat kesehatan, dan sebagainya itu semua dilindungi dengan bantuan mempergunakan password, seperti juga yang diisyaratkan dalam layanan Google lainnya. Layanan Google tersebut semakin membuat pengelola rumah sakit ingin segera memakai dan mengintegrasikan sistem informasi dan manajemennya dengan Google demi mewujudkan sistem layanan kesehatan yang lebih efektif dan progresif.

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah berkembang ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi teknologi informasi relatif tertinggal. Sebagai contoh, ketika transaksi finansial secara elektronik sudah menjadi salah satu prosedur standar dalam dunia perbankan, sebagian besar rumah sakit di Indonesia baru dalam tahapan perencanaan pengembangan billing system.
Berikut adalah manfaat computer dalam bidang kesehatan:
Membangun Sistem Informasi Rumah Sakit (SIR)
Dengan membangun SIR secara luas, untuk menolong komunikasi dan mengatur informasi yang dibutuhkan dari sebuah rumah sakit. SIR dapat diaplikasikan untuk perijinan, catatan medis, akuntansi, kantor, perawatan, laboratorium, radiologi, farmasi, pusat supali, mutrisi/pelayanan makan, personel dan gaji. Jumlah aplikasi-aplikasi lain dapat dimasukkan bagi beberapa bagian/departemen dan untuk beberapa tujuan yang praktikal.
Manajer-manajer di Rumah Sakit, juga perawat perlu mengenal komputer, yang mencakup mengenal istilah umum yang digunakan komputer.

2. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMK)
Sistem informasi manajemen keperawatan (SIMK) merupakan paket perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk divisi pelayanan keperawatan, seperti:
1. Mengklasifikasikan pasien
2. Penjadwalan
3. Catatan personal
4. Laporan bertahap
5. Analisa kelompok diagnosa yang berhubungan Pengendalian mutu, dll.

3. Komputer juga dapat membantu pembuatan Sistem Klasifikasi Pasien
Dengan bantuan alat komputer, dapat membantu dalam menentukan kebutuhan tenaga di ruang rawat, berguna juga untuk memantau klasifikasi klien. Sistem klasifikasi pasien adalah pengelompokan pasien berdasarkan kebutuhan perawatan yang secara klinis dapat diobservasikan oleh perawat.

4. Sebagai alat bantu untuk Rekam medis berbasis komputer (Computer based patient record).
Komputer di rumah sakit adalah mambantu dalam penerapan rekam medis medis. Pengertian rekam medis berbasis komputer secara prinsip adalah penggunaan database untuk mencatat semua data medis, demografis serta setiap event dalam manajemen pasien di rumah sakit. Rekam medis berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien baik yang berasal dari hasil pemeriksaan dokter, digitasi dari alat diagnosisi (EKG, radiologi, dll), konversi hasil pemeriksaan laboratorium maupun interpretasi klinis. Rekam medis berbasis komputer yang lengkap biasanya disertai dengan fasilitas sistem pendukung keputusan (SPK) yang memungkinkan pemberian alert, reminder, bantuan diagnosis maupun terapi agar dokter maupun klinisi dapat mematuhi protokol klinik.

5. Pengembangan E-health di Rumah Sakit.
Sebagai contoh, e-Health dapat diterapkan untuk membantu pengembangkan program yang membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik, mengambil data rekam medis pasien kapan dan dimana diperlukan, dan melakukan kolaborasi dengan memberi layanan jasa kesehatan lainnya secara real time melalui internet. Layanan kesehatan seperti ini akan memberikan banyak sekali penghematan dari sisi biaya dokumen dan administrasi layanan dan memberikan keuntungan pemberian keputusan layanan kesehatan yang terbaik kepada pasien dengan lebih cepat.
Pemberi layanan jasa kesehatan, seperti dokter dan rumah sakit, juga dapat mengembangkan layanan jasa kesehatan berbasis internet.
Peranan komputer dalam mengelola dan melakukan pertukaran data kesehatan melalui internet menjadi sangat vital dalam menyelenggarakan e-Health, karena data kesehatan tidak hanya berupa teks, bahkan bisa merupakan data gambar, suara, dan multimedia lainnya.
Secara terapan, manfaat komputer adalah sebagai aplikasi informatika kedokteran meliputi rekam medik elektronik, sistem pendukung keputusan medik, sistem penarikan informasi kedokteran, hingga pemanfaatan internet dan intranet untuk sektor kesehatan, termasuk merangkaikan sistem informasi klinik dengan penelusuran bibliografi berbasis internet. Dengan demikian, komunitas rekam medis akan memiliki wawasan yang luas mengenai prospek teknologi informasi serta mampu menjembatani klinisi (pengguna dan penyedia utama informasi kesehatan) dengan para ahli komputer (informatika) yang bertujuan merancang desain aplikasi dan sistem agar dapat menghasilkan produk aplikasi manajemen informasi kesehatan di rumah sakit yang lebih efektif dan efisien.

2.2 Beberapa Peranan Penting Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Bidang dalam dunia Kesehatan
2.2.1 Bidang Administrasi
Komputer bermanfaat untuk memperlancar aktivitas di bidang administrasi membantu di dalam penyimpanan, pengelompokan, dan pengolahan data. Dengan perangkat ini, berbagai jenis kebutuhan administrasi di rumah sakit seperti data-data pasien, penyediaan obat-obatan dan yang lainnya. Komputer dapat digunakan untuk memeriksa data-data pasien tersebut, kemudian mendata pula keuangan rumah sakit yang tentu akan sangat mudah dan praktis dikerjakan dengan adanya komputer.
Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya data – data pasien, stok obat, dan data – data lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit. Namun dengan adanya komputer, memeriksa data – data pasien, stok obat dan juga data keuangan rumah sakit akan mudah dan praktis untuk dilakukan. Dengan adanya penggunaan komputer dan sistem – sistem yang canggih di dalamnya sangat mempermudah jalannya suatu sistem di rumah sakit tersebut.

2.2.2. Bidang Farmasi
Dalam bidang farmasi, komputer memegang peranan cukup penting dalam farmasi, misalnya untuk merecord resep dan dosis, serta menyimpan data harga obat – obatan tersebut. Sebagai contoh, komputer bermanfaat untuk melakukan pendataan mengenai resep dan dosis, daftar harga obat dan sebagainya. Tak hanya itu, dengan komputer, kebutuhan di bidang farmasi yang paling utama yaitu mengelompokkan macam-macam obat berdasarkan kegunaannya juga akan mudah dikerjakan, misalnya Panadol, Feminax, Ponstan adalah obat penahan rasa sakit.

2.2.3 Diagnosa Penyakit
Proses diagnosa penyakit dalam bidang kesehatan akan sangat mudah apabila menggunakan perangkat komputer yang telah dirancang sedemikian rupa. Dengan adanya komputer DNA yang sudah di rancang khusus di dalam bidang kesehatan mendiagnosa suatu penyakit bukan hal yang sulit lagi. Dengan menggunakan komputer berlabel DNA ini akan lebih cepat, mudah dan akurat mengenai nama serta jenis suatu penyakit yang diidap oleh pasien.

2.2.4 Monitoring Status Pasien
Pasien yang sudah pernah datang atau baru pertama kali berobat akan sangat mudah dilacak apabila menggunakan perangkat komputer. Sebab, mereka yang dulunya pernah berkunjung ke rumah sakit maka data-data terkait akan mudah dilihat. Dokter atau perawat juga dapat melihat hasil rekaman pemeriksaan pasien, baik itu keluhan atau bahkan riwayat penyakit sebelumnya yang dialami atau yang pernah diderita oleh pasien. Data yang terbilang detail lainnya juga dapat dengan mudah didapat, seperti tanggal kedatangan pasien terakhir kali berobat, data resep obat yang pernah diberikan dan lain sebagainya.

2.2.5 Melakukan Penelitian
Penelitian ilmiah yang sering dilakukan dalam bidang kesehatan sangatlah bergantung pada penggunaan komputer. Komputer akan sangat berperan penting dalam bidang penelitian ilmiah didalam sebuah ruang penelitian kesehatan yaitu laboratorium. Penggunaan komputer dapat memaksimalkan hasil penelitian, karena dengan adanya komputer penelitian itu dapat di telusuri lebih dalam dan lebih detail. Contoh penelitian yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan perangkat komputer adalah melakukan dekteksi bakteri atau virus, DNA dan masih banyak lagi. Hasil penelitian pun akan terangkum secara lebih detail dan akurat.

2.2.6 Menganalisa Organ Dalam Tubuh Manusia
Untuk dapat melihat organ tubuh bagian dalam manusia telah ditemukan begitu banyak alat canggih, namun hampir seluruh alat tersebut masih bergantung pada perangkat komputer sebagai sarana untuk penyaluran data ataupun gambarnya. Seluruh organ tubuh bagian dalam manusia akan dengan mudah dilacak dengan menggunakan perangkat komputer yang telah dirancang khusus. Dokter dapat menganalisa organ-organ tubuh dalam manusia untuk keperluan pengecekan atau juga foto ronsen. Oleh karenanya, komputer memiliki peranan yang vital juga dalam melihat dan menganalisa organ – organ tubuh manusia tersebut.

2.3 Alat-alat Medis yang telah memanfaatkan teknologi komputer
1. System Computerized Axial Tomography (CAT)
System Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X.
2. System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR)
System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) berguna untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh secara bergerak.

3. Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT)
SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.

4. Position Emission Tomography (PET)
PET (Position Emission Tomography) merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif.

5. Nuclear Magnetic Resonance (NMR)
NMR (Nuclear Magnetic Resonance) yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.

6. Ultra Sonography (USG)
USG (Ultra Sonography) adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor berupa gambar dua dimensi atau tiga dimensi.

7. Helical CT-SCAN
Helical CT-SCAN adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagital, paling kecil jarak antara potongan 3 mm.

8. Magnetic Resonance Imaging ( M R I )
Magnetic Resonance Imaging ( M R I ) adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagita.

BAB 3
PENUTUP

3.1 Simpulan
Pemanfaatan teknologi komputer sangat bermanfaat dalam membantu di dunia kesehatan, mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien. Perkembangan berikutnya, computer dapat meningkatkan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti Medical Record Service yang merupakan percontohan dari Google Inc, Sistem Informasi Rumah Sakit (SIR), Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMK), Sistem kesehatan komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health. Pengembangan layanan e-Health akan membantu pihak-pihak penyedia layanan kesehatan termasuk pemerintah untuk mencapai hal tersebut di atas. E-Health akan memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk melakukan kolaborasi, pengumpulan dan analisa data kesehatan yang melampaui batasan fisik dan waktu.
Selain itu pemanfaatan teknologi komputer juga telah dimanfaatkan di dunia media dalam bidang administrasi, farmasi, untuk mendiagnosa penyakit, monitoring status pasien, melakukan penelitian dan menganalisa organ dalam tubuh Manusia.
Beberapa alat media yang telah memanfaatkan teknologi komputer antara lain : System Computerized Axial Tomography (CAT), System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR), Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), Position Emission Tomography (PET), Nuclear Magnetic Resonance (NMR), Ultra Sonography (USG), Helical CT-SCAN, dan Magnetic Resonance Imaging ( M R I ).

3.2 Saran
Masih banyak sistem dalam Rumah Sakit ataupun dunia medis yang masih belum dikembangkan, mungkin dengan berjalannya waktu dapat dikembangkan atau mengembangkan lagi sistem yang telah ada.

DAFTAR PUSTAKA

http://deni2k6.wordpress.com/2011/01/01/fungsi-komputer-di-dunia-kedokteran/

http://eddybong.blog.binusian.org/teknologi-informasi-dan-komunikasi/penerapan-komputer-dibidang-kesehatan-2

http://christianadijaya.blogspot.co.id/2013/02/manfaat-komputer-di-bidang-kesehatan.html

https://tekno-hp.blogspot.co.id/2016/01/manfaat-komputer-di-bidang-kesehatan.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s